Analisis Penerapan Live Streaming Shopee dan Digital Marketing terhadap Peningkatan Penjualan

Diva Azalia, Muhamad Amin

Abstract


Penggunaan teknologi menjadi semakin erat dan tidak dapat dilepaskan dari proses bisnis. Kebutuhan terhadap teknologi digital menjadi aspek krusial, sehingga perusahaan tidak lagi dapat bertahan hanya dengan mengandalkan strategi-strategi tradisional. Termasuk misalnya salah satu yang saat ini menjadi sarana bisnis yang efektif digunakan pada era digital adalah live streaming dengan Shopee dan digital marketing. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjabarkan penerapan live streaming Shopee dan digital marketing dalam upaya peningkatan penjualan pada PT Erju Dermatologi Indonesia. Pendekatan penelitian yang ditetapkan adalah kualitatif, dengan data diperoleh dari pelaksanaan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian yang diperoleh kemudian diolah melalui proses reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik live streaming Shopee maupun digital marketing memiliki peran dalam mekanisme peningkatan penjualan PT Erju Dermatologi Indonesia. Live streaming Shopee yang dilakukan PT Erju Dermatologi Indonesia dianggap memiliki beberapa karakteristik inti yang meliputi jangkauan dan aksesibilitas; biaya; efisiensi; fleksibilitas; mudah diprediksi, dan; interaktif dan informative. Sedangkan digital marketing yang dilakukan melalui berbagai media sosial oleh PT Erju Dermatologi Indonesia memiliki karakteristik inti digital marketing yang terdiri atas targeting; penyesuaian biaya; jangkauan luas; media sosial, dan; website.

Keywords


Live streaming, Shopee, Digital Marketing, Peningkatan Penjualan, PT Erju Dermatologi Indonesia.

References


Creswell, J. W. (2015). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Approaches (4th ed.). Sage.

Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., Jain, V., Karjaluoto, H., Kefi, H., Krishen, A. S., Kumar, V., Rahman, M. M., Raman, R., Rauschnabel, P. A., Rowley, J., Salo, J., Tran, G. A., & Wang, Y. (2021). Setting the Future of Digital and Social Media Marketing Research: Perspectives and Research Propositions. International Journal of Information Management, 59(102168), 1–37. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102168

Fachrina, R., & Nawawi, Z. M. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing (Shopee) dalam Meningkatkan Penjualan pada UMKM di Marelan. JIMPA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah, 2(2), 247–254. https://doi.org/10.36908/jimpa.v2i2.75

Fitryani, Nanda, A. S., & Aristyanto, E. (2021). Peran Impulsive Buying Saat Live Streaming pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus E-Commerce Shopee). Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2), 542–555.

Ginting, A. K., & Harahap, K. (2022). Pengaruh Direct Marketing dan Product Quality terhadap Repurchase Intention pada Live Streaming Marketing Shopee Live (Studi pada Pengguna Aplikasi Shopee di Kota Medan). Journal Of Social Research, 1(8), 851–863. https://doi.org/10.55324/josr.v1i8.175

Katadata.co.id. (2022). Ini Pertumbuhan Pengunjung Shopee sampai Kuartal II 2022. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/21/ini-pertumbuhan-pengunjung-shopee-sampai-kuartal-ii-2022

Lestari, S. R. I. (2021). Pengaruh Live Streaming, Brand Awareness, Desain Web, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee di Jakarta Pusat. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wiyatamandala Jakarta.

Lo, P.-S., Dwivedi, Y., Tan, G., Ooi, K.-B., Aw, E., & Metri, B. (2022). Why do Consumers Buy Impulsively During Live Streaming? A Deep Learning-Based Dual-Stage SEM-ANN Analysis. Journal of Business Research, 147, 325–337. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.04.013

Santhosh, T. (2018). The Impact of Technology in Business. International Journal of Management and Humanities (IJMH), 3(6), 6–9. http://www.businessreviewaustralia.com/technology/1115/The-Impact-of-Technology-in-Business

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (19th ed.). Bandung: Alfabeta.

Sun, Y., Shao, X., Li, X., Guo, Y., & Nie, K. (2019). How Live Streaming Influences Purchase Intentions in Social Commerce: An IT Affordance Perspective. Electronic Commerce Research and Applications, 37(100886), 1–12. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2019.100886

Tao, Z. (2023). Unveiling the Potential of Social Media Marketing in Enhancing E-Marketplace Performance. Journal of Digitainability, Realism & Mastery (DREAM), 2(05), 53–57. https://doi.org/10.56982/dream.v2i05.120


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/neliti-blue_02_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/googlescholar_logo_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/garuda1_120_01 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/ios_perpus02_146 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/crossref-logo21_158

 

Editorial Office :

Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI)

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/logo_ub_-_dasar_terang_120

Jl. HR Rasuna Said Kav. C-22, Rasuna Epicentrum, Kuningan. Jakarta Selatan 12920. email : [email protected]


http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/5ajamrit_t_01

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.