PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP INTERNET FINANCIAL REPORTING

Bianka Cahaya Fitrian, Navilah Navilah

Abstract


This study aims to examine the effect of company size, profitability, and leverage on internet financial reporting. the population of this research about 166 trading, service, and investment companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the period 2016 – 2020. The sampling technique used purposive sampling method. Based on the method a sample size of 73 was obtained. The data analysis method used panel data regression using Eviews software version 12. The result showed that company size, profitability, and leverage do not affect on internet financial reporting.


Keywords


company size, profitability, leverage, and internet financial reporting

References


Akbar, T. (2019). Kajian Kinerja Profitabilitas Bank Pada Perspektif Bank Umum Berdasarkan Kegiatan Usaha. Uwais Inspirasi Indonesia.

Akbarina, F. (2018). Pengantar Bisnis. Malang: POLINEMA PRESS.

Almilia, L. S. (2008). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Sukarela "Internet Financial and Sustainability Reporting".

Andriyani, R., & Mudjiyanti, R. (2017). Pengaruh Tingkat Profitabilitas, Leverage, Jumlah Dewan Komisaris, dan Kepemilikan Institusional Terhadap Pengungkapan Internet Financial Reporting (IFR) di Bursa Efek Indonesia.

Arifianti, S. A., & Africa, L. A. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Internet Financial Reporting Pada Perusahaan High Profile.

Artistiana, N. R. (2019). Bisnis Patiseri yang Menggiurkan. Penerbit Duta.

Ayuningtyas, D., & Khairunnisa. (2019). Faktor-Faktor yang Menentukan Penerapan Internet Financial Reporting (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2013-2017).

Budianto. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Reputasi Auditor dan Market Activity Terhadap Internet Financial Reporting Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Deegan, C. M. (2016). Financial Accounting, 8 Edition. McGraw-Hill Education Australia.

Dewi, A. E., & Suryono, B. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Blockholder Terhadap Internet Financial Reporting.

Dewinta, I. A, & Setiawan, P. E. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Tax Avoidance . E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Diatmika, I. P., & Yadnyana, I. K. (2017). Pengungkapan Pelaporan Keuangan Melalui Website dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. ISBN, UNDIP Semarang.

Halida, U. M. (2020). Teori Pengantar Bisnis. Duta Media Publishing.

Hasanah, N., Muhtar, D., & Muliasari, I. (2020). Mudah Memahami Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Uwais Inspirasi Indonesia.

Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi Mengulas Berbagai Hasil Penelitian Terkini dalam Bidang Akuntansi dan Keuangan. Jakarta: PT. Grasindo.

Hestiani, N., & Filianti, D. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Internet Financial Reporting Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index. Jurnal Ekonomi Syariah.

Ilham, R. N., Fachrudin, K. A., & Khaddafi, M. (2020). Manajemen Investasi (Legal Investment Versus Fake Investment). Sukabumi, Jawa Barat: CV Jejak, Anggota IKAPI.

Ilmawati, Y., & Indrasari, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Internet Financial Reporting di Indonesia dan Malaysia (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Bursa Malaysia Tahun 2014-2016).

Intyas, C. A., & Abidin, Z. (2018). Manajemen Agribisnis Perikanan. Malang: UB Press.

Keputusan Ketua Bapepam dan LK No: kep-347/BL/2012 Tentang Penyajian dan Pengungkapan Laporan Keuangan Emiten atau Perusahaan Publik.

Khairunisa, S., Yudowati, S. P., & Majidah. (2019). Pengaruh Tingkat Profitabilitas, Leverage Ukuran Perusahaan, dan Kepemilikan Saham Publik Terhadap Pelaporan Keuangan di Internet.

Kurniawati, Y. (2018). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Pada Internet Financial Reporting (IFR) Di Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Surabaya (BES).

Lestari, H. S., & Chariri, A. (2007). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pelaporan Keuangan Melalui Internet (Internet Financial Reporting) Dalam Website Perusahaan.

Lestari, H. S., & Rahmawati. (2009). Pengaruh Leverage Terhadap Profitabilitas Pada Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa.

Mayasari, K., Verawaty, & Jaya, A. K. (2014). Determinan Aksesibilitas Internet Financial Reporting Pada Website Perusahaan Manufaktur Go Public di Indonesia.

Meinawati, T., Suhendro, & Masitoh, E. (2020). Analisis DeterminanPengungkapan Internet Financial Reporting Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Oktavia, R. D., & Laila, N. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Internet Financial Reporting Pada Bank Umum Syariah di Indonesia.

Oktaviani, A. D., Andriati, H. N., & Larasati, R. (2020). Analisis Pengungkapan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerapan Internet Financial Reporting (IFR) Sebagai Voluntary Disclosure Pada Tahun 2014-2018.

Paranita, E. S. (2020). Hedging Berbasis Valuta Asing. PT. RajaGrafindo Persada.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 8/POJK.04/2015 Bab I Pasal 1 Ayat (2) Tentang Situs Web Emiten atau Perusahaan Publik.

Rahmawati. (2020). Corporate Social Responsibility Berbasis Kearifan Lokal: Perspektif Kedatuan Luwu. Malang: Penerbit Peneleh.

Saputra, A. C., Masitoh, E., & Samrotun, Y. C. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Internet Financial Reporting (IFR) Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food and Baverage yang Terdaftar di BEI 2015- 2019.

Sari, D. A., Ernawati, E., & Rizal, N. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Internet Financial Reporting Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Periode 2014-2017.

Soegoto, E. S. (2017). Tren Kepemimpinan Kewirausahaan dan Manajemen Inovatif di Era Bisnis Modern. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Suharto, F. T. (2012). Mengungkap Rahasia Forex. Jakarta: PT. Elec Media Komputindo.

Ulum, I. (2017). Intellectual Capital: Model Pengukuran, Framework Pengungkapan & Kinerja Organisasi. Malang: UMM Press.

Wati, L. N. (2019). Model Corporate Social Responsibility (CSR). . Jawa Timur: Myria Publisher.

Widari, P. P., Saifi, M., & Nurlaily, F. (2018). Analisis Internet Financial Reporting (IFR). Jurnal Administrasi Bisnis.

Zadeh, F. N., Salehi, M., & Shabestari, H. (2018). The relationship between corporate governance mechanisms and internet financial reporting in Iran.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/garuda1_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/ios_perpus02_146

 

Alamat Redaksi Media Riset Akuntansi

Kampus Universitas Bakrie

Jl. H.R. Rasuna Said Kav C-22, Kuningan – Jakarta Selatan 12920 | Tlp: +6221-5261448, +6221-5263182 Fax: +6221-5263191, +6221-5276543

email: [email protected], website: http://jurnal.bakrie.ac.id/index.php/journal_MRA/index