PERAN IKLAN PENDIDIKAN DI MEDIA CETAK SEBAGAI REFERENSI PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMILIHAN LEMBAGA PENDIDIKAN BAGI KELUARGA
Abstract
Penggunaan media periklanan telah meluas di berbagai bidang, tidak hanya digunakan dalam pemasaran produk dan jasa yang sifatnya komersil, namun juga pada institusi yang bersifat non-komersil, salah satunya penggunaan iklan oleh institusi perguruan tinggi. Penelitian ini tertarik untuk melihat penggunaan iklan media cetak sebagai acuan dalam proses pengambilan keputusan untuk memilih lembaga pendidikan tinggi di tingkat keluarga. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui focus group discussion kepada para orang tua mahasiswa dan calon mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan cetak mendapatkan prosi yang cukup tinggi sebagai media informasi dan sebagai acuan pengambilan keputusan untuk memilih perguruan tinggi dalam keluarga.
Katakunci: iklan media cetak, pengambilan keputusan pembelian.
Advertising media has been widespread in various fields , not only used for the marketing of products and services, but also on the institutions that are non—commercial. One of them is the use of advertising by higher education institutions. This study was interested to see the use of print media advertising as a reference in the decision making process to chose higher education institutions at the family level. A qualitative approach is used to data collection through focus group discussions (FGD) to parents of students and prospective students Widya Mandala Catholic University of Surabaya. The results showed that print advertising get high portions as a medium of information and as a reference for decision making to select colleges in the family .
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.
Indexed by:
Archived in:
Listed in:
INTERNATIONAL ASSOCIATION FOR MEDIA AND COMMUNICATION RESEARCH