Pengaruh Pondasi Bored pile Terhadap Kapasitas Daya Dukung Dan Stabilitas Underpass (Studi Kasus: Underpass Bulak Kapal)

Khalisa Mumtasyfana, Fatin Adriati

Abstract


Underpass Bulak Kapal memiliki bentang terowongan sepanjang 16,4 meter dan pondasi bored pile diantara secant piles. Sebagai perbandingan Underpass NYIA memiliki desain yang hampir serupa namun tidak memiliki bored pile diantara dinding penahan tanahnya. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan memodelkan underpass dengan ada, dan tanpa adanya bored pile untuk melihat pengaruh dari pondasi bored pile pada kapasitas daya dukung dan stabilitas underpass. Analisis dilakukan menggunakan metode statis, hasil uji PDA dan metode elemen hingga dengan software PLAXIS. Daya dukung bored pile yang diperoleh dengan metode Reese And Wright 7081,82 kN, N-SPT sebesar 10.612,58 kN/m, PDA yaitu 5109,26 dan PLAXIS sebesar 6949,20 kN. Hasil analisis pada stabilitas underpass sebelum adanya bored pile memiliki deformasi tanah sebesar 10,37 mm, dengan angka keamanan 2,724. Kemudian setelah adanya bored pile deformasi tanah menurun menjadi 8,32 mm dengan angka keamanan 3,580. Kemudian kapasitas gaya aksial pada secant piles berubah setelah penambahan adanya bored pile dari 738,91 kN/m, menjadi 226,03 kN/m. Adanya bored pile mengurangi defleksi secant piles dari 6,12 mm menjadi 5,95 mm, dan menurunkan momen lentur secant piles dari -401,52 kNm/m menjadi -395,09 kNm/m.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.