PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Wira Okta Levi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mekanisme corporate governance dan pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Mekanisme corporate governance dalam penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu frekuensi rapat dewan komisaris, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional. Pengungkapan corporate social responsibility dalam penelitian ini menggunakan Corporate Social Disclosure Index (CSDI). Sedangkan nilai perusahaan diukur menggunakan rasio Tobin’s Q.

Penelitian ini menggunakan 39 sampel dari perusahaan pertambangan dan energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2009 sampai tahun 2011 dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda untuk menganalis data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan frekuensi rapat dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

 

Kata Kunci:     nilai perusahaan, mekanisme corporate governance, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, frekuensi rapat dewan komisaris, pengungkapan corporate social responsibility


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.