Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Bolt 4G Modem Wifi

Nur Halimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan Bolt 4G dan tinggal diwilayah Jakarta. Jumlah sampel adalah 150 orang yang diambil melalui teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Alat analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, melalui proses uji asumsi klasik dan uji hipotesis untuk melihat hubungan antara variabel baik secara parsial ataupun simultan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Disarankan untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik, objek penelitian bisa ditambah lagi dengan melakukan perbandingan dengan merek lain dengan produk sejenis, memperluas area penelitian di luar Jakarta dan menambah jumlah responden.

Kata kunci:      kualitas produk, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, Bolt 4G

 

This study aimed to analyze the effect of product quality and service quality to customer satisfaction. The sample used in this study is consumers using Bolt 4G Wifi Modem and stayed around Jakarta. The number of samples is 150 respondents taken through purposive sampling technique. The analytical method used is simple linear regression analysis. The analysis tool in this research is multiple linear regression analysis, through the classical assumption test and hypotheses test to see the relationship between the variables either partially or simultaneously. The Result of this study showed that product quality and service quality partially or simultaneously have positive influence on customer satisfaction of Bolt 4G Wifi Modem. For better result ,it’s recommended to get more independet variables of the object of study, to make comparison with other brands, to do the study in any other area of Jakarta and to increase the number of respondents.

Keywords:       product quality, service quality, customer satisfaction, Bolt 4G

 

DAFTAR PUSTAKA

Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Brucks, M., Zeithaml, V. A., & Naylor, G. (2000). Price and Brand Name As Indicators of Quality Dimensions for Consumer Durables. Journal of the Academy of Marketing Science Vol. 28 , 359-374.

Fauzi, F., Harly, G. S., & HS, H. (2012). Analisis Penerapan Jaringan 4G LTE di Indonesia. Majalah Ilmiah UNIKOM Vol.10, No.2 , 281-290.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP UNDIP.

Kahn, B. K., Strong, D. M., & Wang, R. (2002). Information Quality Benchmarks : Product and Service Performance. Journal of Communication Vol. 40 Issue 2 , 133-146.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principle of Marketing 14 edition. USA: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi Ketigabelas. Jakarta: PT.Indeks.

Loke, S. P., Taiwo, A. A., Salim, H. M., & Downe, A. G. (2011). Service Quality and Customer Satisfaction in a Telecommunication Service Provider . International Conference on Financial Management and Economics Vol. 11 , 24-29.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mowen, J., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Sekaran, U. (2003). Research Methods for Business : A Skill Building Approach 2nd Edition . New York: John Wiley and Son.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suliyanto. (2005). Analisis Data Dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor: Glia Indonesia Anggota IKAPI.

Suwarni, & Mayasari. (2011). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas melalui Kepuasan konsumen, No.1. Jurnal Ekonomi Bisnis .

Tabachnick, B. G., & Fidell, L. S. (2007). Using Multivariate Statistics (5th edition). California: Pearson Education Inc.

Tentang Bolt. (2015, Agustus 31). Dipetik Agustus 31, 2015, dari Bolt 4G: www.boltsuper4g.com

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Wijaya, T. (2011). Manajemen kualitas Jasa: Desain Servqual, QFD, dan Kano disertai Contoh Aplikasi dalam Kasus Penelitian. Jakarta: PT.Indeks.

Zeithaml, V., A., P., & Berry, L. (1985). A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for the Future Research . Journal of Marketing Vol. 49 , 41-50.

 

 

 

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.