Representasi Maskulinitas Dalam Iklan Manulife (Analisis Semiotika Pada Iklan Televisi Manulife versi '#JadiAndalan')

Fariz Meghadito

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan iklan televisi khususnya pada produk asuransi yang mengangkat isu maskulinitas sebagai strategi pemasaran didalamnya. Manulife yang pada tahun 2015 ini mengeluarkan iklan televisi dengan tema ‘#JadiAndalan, mengangkat sosok suami sebagai subyek dari citra maskulinitas yang ditampilkan dalam iklan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali tanda-tanda yang merepresentasikan maskulinitas dalam iklan Manulife versi ‘#JadiAndalan’. Kerangka pemikiran yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah analisis semiotika Roland Barthes yang didukung dengan teori tingkatan representasi John Fiske. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang didapatkan melalui studi pustaka dan wawancara. Temuan utama dalam penelitian ini menunjukkan bahwa iklan Manulife versi ‘#JadiAndalan’ merepresentasikan beberapa aspek maskulinitas seperti sosok laki-laki pemimpin, fatherhood, pengayom keluarga dan pengambil keputusan yang ditampilkan melalui tokoh suami yang ada dalam iklan. Sebagai akhir dari penelitian, sebaiknya penelitian selanjutnya dilakukan dengan membandingkan lebih dari satu media agar hasil yang didapatkan dari penelitian semakin komprehensif.

Kata kunci: semiotika Barthes, representasi, maskulinitas, iklan teltevisi

This research is motivated by the development of television advertising, especially in insurance products that address masculinity as a marketing strategy therein. Manulife who in 2015 issued a television advertisement with the theme '#JadiAndalan’, raising the figure of the husband as the subject of images of masculinity that is displayed in the ad. This study aims to explore the signs that represent masculinity in Manulife advertisement '#JadiAndalan' version. The framework used to achieve these objectives is a semiotic analysis of Roland Barthes who supported by  theory of representations levels from John Fiske. This study utilizes qualitative research methods that obtained through literature and interviews. The results of this study indicate that Manulife television advertisement '#JadiAndalan' version represents some aspect of masculinity like leader figure, fatherhood figure, family and decision-makers figure that shown by figures of husband character in this advertisement. As the end of the study, further research should be done by comparing more than one medium so that the results obtained from the study can be more comprehensive.

Keywords: semiotic analysis by Barthes, representation, masculinity, television advertisement

 

DAFTAR PUSTAKA

BUKU

Barker, Chris. 2006. Cultural Studies: Teori & Praktik. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Berger, Arthur Asa. 2010. Pengantar Semiotika: Tanda-tanda dalam Kebudayaan Kontemporer. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Bungin, Burhan. Sosiologi Komunikasi: Teori,Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat.2011. Jakarta: Kencana.

Drewniany, Bonnie L., A. Jerome Jewler. 2011. Creative Strategy in Advertising. Wadsworth: Cengage Learning.

Eriyanto. 2005. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Egan, John. 2007. Marketing Communication. Cengage Learning

Fiske, John. Introduction to Communication Studies; Second Edition. 1990. London: Routledge.

Hall, Stuart. 1997. Representation: Cultural Representations and Signifiying Practices. London: Sage Publications.

Hoed,  Benny.  2010.  Semiotik  &  Dinamika  Sosial  Budaya. Jakarta: Komunitas  Bambu.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2010. Principles of Marketing Thirteenth Edition. USA: Pearson Education.

Kurtz, David L. Principles of Contemporary Marketing 15th Edition. 2012. South Western, Cengage Learning.

Moriarty, Mitchell dan Wells. 2012. Advertising and IMC: Principles and Practice. New Jersey: Pearson

Pawito, Penelitian Komunikasi Kualitatif. 2007. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Rusmana, Dadan. Filsafat Semiotika.2014. Bandung: CV Pustaka Setia.

Shimp, Terence A. 2010. Advertising, Promotion, and other aspects of Integrated Marketing Communications. USA: South Western, Cengage Learning.

Sobur, Alex. Semiotika Komunikasi. 2006. Bandung: PT Remaja Roskakarya.

Solomon, Michael R. 2011. Consumer Behaviour: Buying, Having and Being. New Jersey: Pearson

Vera, Nawiroh. 2014. Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalila Indonesia.

 

JURNAL DAN SKRIPSI

Ahmad, Nurzakiah. 2009. Representasi Maskulinitas Pada Iklan Produk Kosmetik Pria Dalam Majalah Berbahasa Jerman Brigette dan Stern. Skripsi Ilmu Komunikasi: Universitas Indonesia.

Anshori, Muh Fitroh. 2014. Maskulinitas Dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Extra Joss Blend Bukan PHP versi “Verrel Bramasta”). Skripsi Ilmu Komunikasi: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogjakarta.

Arindita, Vera. 2013. Tingkat Pengetahuan Perempuan Surabaya Mengenai Iklan Corporate Social Responsibility Revlon Kiss For Life Melalui Media Above dan Below The Line. Jurnal E-Komunikasi Vol. 1 No.1: Universitas Kristen Petra.

Darwin, Muhadjir. 1999. MASKULINITAS: Posisi Laki-Laki Dalam Masyarakat Patriarkis. Makalah Ilmu Komunikasi: Universitas Gadjah Mada.

Efendi, Anwar. 2008. Bahasa dan Pembentukan Citra dalam Komunikasi Periklanan di Televisi. Jurnal KOMUNIKA Vol 2, No 2 (2008) Halaman 140-160.

Hagijanto, Andrian Dektisa. 2003. Simbol Budaya Sebagai Representasi Positioning Dalam Produk Iklan Mobil Eropa dan Mobil Jepang. Jurnal NIRMANA Vol. 5 No. 2: Universitas Kristen Petra.

Inge, Rotua Uly. 2012. Representasi Budaya Dalam Iklan Pariwisata (Analisis Semiotika pada Video Musik S.E.O.U.L dan Fly to Seoul. Skripsi Ilmu Komunikasi: Universitas Indonesia.

Ramadhan, Yoga Pradipta. 2012. Representasi Maskulinitas Dalam Iklan Man Toiletries (Studi Semiotika Iklan Televisi Serial Vaseline Men Body Lotion Versi ‘Pemotretan’ dan Vaseline Men Face Moisturizer Versi ‘Gym’). Skripsi Ilmu Komunikasi: Universitas Indonesia.

Winata, I Nyoman. 2012. Hegemoni Maskulinitas Dalam Iklan Minuman Energi (Analisis Semiotika TVC Extra Joss dan Kuku Bima Ener-G). Jurnal Ilmiah Komunikasi MAKNA Vol. 3 No. 1, Februari – Juli 2012.

 

PUBLIKASI ELEKTRONIK

Infobanknews.com. Market Leader Asuransi Jiwa Berdasarkan Premi Per Desember 2014. Diakses pada 23 Juni 2015. http://www.infobanknews.com/2015/06/inilah-10-market-leader-asuransi-jiwa-berdasarkan-premi/

Koran-jakarta.com. Persaingan Asuransi Jiwa di Indonesia Kian Ketat. Diakses pada 23 Juni 2015. http://koran-jakarta.com/?21961-persaingan%20asuransi%20jiwa%20di%20indonesia%20kian%20ketat

Manulife.com. Diakses pada November 2015.

Youtube.com. Manulife-#JadiAndalan Diakses pada November 2015. https://www.youtube.com/watch?v=wBd8AC_69XY


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.