Penilaian Kinerja Perusahaan Menggunakan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada PT ABC)

Tri Yulia Nur Indah Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memperoleh bukti empris mengenai kinerja PT ABC menggunakan metode balanced scorecard. Metode balanced scorecard fokus menilai kinerja perusahaan berdasarkan empat perspektif yaitu perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data yang digunakan berasal dari data primer yaitu kuesioner pelanggan yang berjumlah 125 dan kuesioner karyawan yang berjumlah 27. Sedangkan data sekunder yaitu laporan tahunan PT ABC periode 2013 dan 2014 serta laporan tahunan induk PT ABC.

Hasil penelitian diperoleh bahwa kinerja PT ABC berdasarkan perspektif pelanggan menunjukkan kinerja cukup memuaskan dengan kinerja customer acquisition mengalami peningkatan serta kepuasan pelanggan mendapatkan nilai 2,07. Berdasarkan perspektif keuangan kinerja tahun 2014 tidak memuaskan jika dibandingkan tahun 2013 karena 4 dari 5 ukuran kinerja perspektif keuangan mengalami penurunan. Kinerja PT ABC berdasarkan perspektif bisnis internal menunjukkan kinerja sangat memuaskan. Sedangkan kinerja perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan kinerja tidak memuaskan jika dibandingkan tahun lalu karena mengalami penurunan kinerja pada aspek produktivitas karyawan. Oleh karena itu secara keseluruhan kinerja PT ABC pada tahun 2014 berdasarkan metode balanced scorecard menunjukkan kinerja cukup memuaskan jika dibandingkan dengan kinerja tahun 2013.

Kata Kunci : Balanced Scorecard, Penilaian Kinerja, Perspektif Pelanggan, Perspektif keuangan, Perspektif Proses Bisnis Internal, dan Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran.

 

This study aims to analyze and obtain empirical data about ABC’s performance assessment using balanced scorecard. This balanced scorecard method focuses on measuring company’s performance based on four perspective, which are customer perspective,financial perspective, internal business process perspective, and learning and growth perspective.

The method used on this study is descriptive qualitative. The obtained data can be categorized into primary data which are 125 questionnaires to measure customers’ satisfaction, and 27 questionnaires to measure employee’s satisfaction. Meanwhile for the secondary data are ABC’s annual report year 2013 and 2014, and annual report of ABC’s parent company.

The result indicates that ABC’s performance on customer perspective performance is quite satisfying compared to 2013 because customer acquisition shows improvement and customer satisfaction obtain 2,07 in questionnaires score.  Financial perspective for 2014 is dissatisfying compared to 2013 because 4 out of 5 indicators are declining. ABC’s performance in internal business process perspective is very satisfying. Meanwhile learning and growth perspective is showing dissatisfying performance compared to 2013 because of employee productivity indicator showing declining performance. So from this study can be concluded that ABC’s performance based on measurement using balanced scorecard method showing quite satisfying performance compared to 2013.

Key word : Balanced Scorecard, Customer Perspective, Financial Perspective, Internal Business Process Perspective, Learning and Growth Perspective

 

DAFTAR PUSTAKA

Anthony, R.N., & Govindarajan, V. (2005). Management Control System, 11th Edition (Kurniawan Tjakrawaa, Penerjemah). Jakarta : Salemba Empat.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik. (2015). Jumlah Penumpang Kereta Api 2006 – 2015. 19 September 2015. http://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1417

Bastian, I. (2006). Akuntansi Sektor Publik. Jakarta : Erlangga.

Gaspersz, V. (2003). Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard dengan Six Sigma untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Universitas Diponegoro.

Hansen & Mowen. (2009). Akuntansi Manajemen Edisi 8 (Deny Arnos Kwary, Penerjemah). Jakarta : Salemba Empat.

Harahap, S.S. (2010). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta : Raja Grafindo

Horne, J.C.V., & Wachowicz, J.M. (2005). Fundamentals of Financial Management 13th Edition. New Jersey : Prentice Hall.

Iramani & Febrian, E. (2005). Financial Value Added : Suatu Paradigma dalam Pengukuran Kinerja dan Nilai Tambah Perusahaan. 6 Januari 2016. http://puslit2.petra.ac.id/gudangpaper/files/1796.pdf

Kaplan, R.S., & Norton, D.P., (1996). Using The Balanced Scorecard As A Strategic Mangement System. Boston : Harvard Business Review.

Kaplan, R.S., & Norton D.P., (1996). Translating Strategy into Action Balanced Scorecard. Boston : Harvard Business Review.

Kaplan, R.S., & Norton, D.P. (2000). Balanced Scorecard Menerapkan Strategi Menjadi Aksi (Peter R & Yosi Pasla, Penerjemah). Jakarta : Erlangga.

Mulyadi. (2001). Balanced Scorecard, Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan. Jakarta : Salemba Empat.

Mulyadi. (2005). Sistem Manajemen Strategik Berbasis Balanced Scorecard. Yogyakarta : UPP AMP YKPN.

Mulyadi. (2009). Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balanced Scorecard. Yogyakarta : Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Niven, P.R. (2003). Balanced Scorecard Step-by-Step dor Government and Nonprofit Agencies. New York : Wiley.

Nizha, L. (2011). Penilaian Kinerja pada PT Jayakarta Balindo Utama dengan Balanced Scorecard. 2 Februari 2016. ojs.unud.ac.id

Noe, R.A, et al. (2003). Human Resources Management: Gaining a Competitive Advantage 4th edition. New York : McGraw-Hill.

Nurwidanti, O., Effendi, U., & Effendi, M. (2012). Evaluasi Kinerja Perusahaan dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus di PT Inti Luhur Fuja Abadi). Malang : Universitas Brawijaya.

PT Kereta Api Indonesia (Persero). (2013). Laporan Tahunan 2013 Transformasi Menuju Pelayanan Prima versi Pdf. 19 September 2015. https://www.kereta-api.co.id/media/document/annual_report_2013.pdf

PT Kereta Api Indonesia (Persero). (2014). Laporan Tahunan 2014 Komitemen Terhadap Inovasi dan Kualitas Pelayanan Versi Pdf. 19 September 2015. https://www.kereta-api.co.id/media/document/annual_report_2014.pdf

PT KAI Commuter Jabodetabek. (2015). Jadwal KRL Jabodetabek GAPEKA 2015. 3 Oktober 2015. www.krl.co.id

Raco, J.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif (Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya). Jakarta : Grasindo.

Rohm, H. (2004). Improve Public Sector Result with A Balanced Scorecard L Nine Steps to Success. 3 November 2015. http://balancedscorecard.org/

Rusdin. (2008). Pasar Modal : Teori, Masala dan Kebijakan dalam Praktik. Bandung : Alfabeta.

Sawir, A. (2005). Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta : Gramedia Pusataka Utama.

Simon, R. (2000). Performance Measurement and Control System for Implementing Strategy. New Jersey : Prentice Hall.

Subramanyam, K.R., & Wild, J.J. (2010). Financial Statement Analysis 10th Edition. New York : McGraw-Hill Education.

Sudarsih, A. (2015). KCJ Siap Luncurkan KRL “Coli Ranjang” (Commuter Line Rangkaian Panjang). 17 September 2015. http://www.kompasiana.com/amadsudarsih/kcj-siap-luncurkan-krl-coli-ranjang-commuter-line-rangkaian-panjang_55e96e0d7893737c0989623e

Suharsono, E.G. (2005). Kerangka Balanced Scorecard dalam Menciptakan Keungguan Bersaing bagi Perusahaan.

Syamsudin, L. (2009). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Umar, H. (2003). Metode Riset Bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Wijayaka, B. (2015). Pekan Depan, KCJ Tambah Rangkaian Commuter Line Bogor- Jakarta. 6 September 2015. http://www.beritasatu.com/megapolitan/304400-pekan-depan-kcj-tambah-rangkaian-commuter-line-bogorjakarta.html

Wild, J.J, Subramanyam, K.R., & Halsey, R.F. (2005). Financial Statement Analysisi 9th Edition. New York : McGraw-Hill.

Yuwono, S., Sukarno, E., & Ichsan, M. (2007). Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard Menuju Organisasi yang Berfokus pada Stratego. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.