ANALISIS FAKTOR – FAKTOR DALAM PRAKTIK PENYAMPAIAN SURAT PEMBERITAHUAN TAHUNAN PAJAK PENGHASILAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI

Sandi Arsyie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan e-filing dalam praktik penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Wajib Pajak Orang Pribadi (WP-OP) pada PT XYZ. Peran PT XYZ dalam memfasilitasi karyawan untuk menyampaikan SPT dilakukan dengan cara menyediakan bukti potong 1721-A1 beserta electronic filing identification number (e-fin) yang diperoleh secara kolektif di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdaftar. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya terdapat persepsi yang berbeda-bedaatas manfaat dan hambatan yang dihadapi oleh karyawan PT XYZ selaku wajib pajak. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menganalisis kebijakan PT XYZ menerapkan e-filing untuk karyawannya melalui data primer berupa wawancara dengan bagian Human Resources (HR) dan juga karyawan setempat. Selain itu, untuk mengukur persepsi karyawan PT XYZ selaku objek penelitian, peneliti menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Kuesioner disebarkan dengan metode convenience atau accidental kepada siapa saja yang peneliti temui yang berstatus sebagai karyawan terdaftar. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Selanjutnya data diuji keabsahannya menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-filing menurut persepsi karyawan PT XYZ dinilai bermanfaat dalam mempermudah penyampaian SPT. Selain itu, dari segi tampilan e-filing cukup mudah dipahami dan dipelajari dan diharapkan untuk terus ditingkatkan di tahun pajak berikutnya terutama dalam hal sosialisasi tata cara penggunaan.

Kata kunci:      Pelaporan SPT, e-filing, e-fin, Pajak Penghasilan Orang Pribadi.

This study aims to analyze the implementation of e-filing in delivery practices (SPT) of Annual Income Tax (VAT) for individual taxpayer (WP-OP) at XYZ Company. XYZ company has a role in facilitating employees providing evidence-piece 1721-A1 along with electronic filing identification number (e-fin) collectively earned in Tax Office (KPP) listed. However, in practice there are different perceptions between benefits and barriers faced by the employees of XYZ Company. This research method is descriptive qualitative that analyze policies of XYZ company that implement e-filing for its employees by collecting primary data through interviews with Human Resources (HR) and also some of employees. In addition, to measure employee perceptions XYZ company employee as the object of study, researchers used a questionnaire to collect data. Questionnaires distributed by convenience or accidental method to anyone whom the researcher met as long as the status is registered employees. The collected data is then analyzed by the reduction of the data, present the data, and draw conclusions. Furthermore, the data validity is tested using a triangulation method. The results showed that the implementation of e-filing as perceived by the employees of PT XYZ considered useful in facilitating the delivery of SPT. Moreover, in terms of view of e-filing is quite easy to understand and learn and are expected to continue to be improved in the next tax year, especially in terms of socialization procedures for use.

Key Words: Delivery of Tax Return, e-filing, e-fin, Individual Taxpayer Income Tax.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.