83 PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI

Monica Weni Pratiwi, Radian Gita Yudhistira

Abstract


Seseorang yang memiliki kemampuan akdemik bawaan tidak menjamin seseorang tersebut dapat sukses dalam mencapai cita-cita yang diharapkan. Kecerdasan emosional hadir untuk melihat apakah seseorang yang memilki kecerdasan emosional yang tinggi berpengaruh terhadap kesuksesan akademik seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan emosional terbagi dalam lima konstruk yaitu Pengenalan Diri, Pengendalian Diri, Motivasi, Empati, dan Keterampilan Sosial (Goleman, 2003).Penelitian ini mengambil dua sampel dari, dari dua universitas yang berbeda, yaitu Universitas Bakrie dan Universitas Indonesia. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 92 responden dari Universitas Bakrie dan Universitas Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dalah dengan menggunakan Regresi Linier Sederhana untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional, dan menggunakan independent simple t-test untuk uji beda, selain itu juga dilakukan uji keragaman untuk memperlihatkan data demografi responden.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kecerdasan emosional tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sedangkan untuk uji beda menunjukan hasil bahwa terdapat perbedaan pengaruh kecerdasan emosional antar universitas, namun ketika menguji apakah ada perbedaan pengaruh kecerdasan emosional antar gender di masing-masing universitas hasil yang diperoleh adalah tidak ada perbedaan pengaruh kecerdasan emosional.

Kata kunci: Kecerdasan emosional, Tingkat pemahaman akuntansi, Pengenalan diri, Pengendalian diri, Motivasi, Empati, Keterampilan Sosial, Gender.

 

The someone who has the ability of the academic laod, can not guarantee the success in realizing the ideas of the expected. Emotional Quatient give to look the impact academic success someone. The study is analysis the impact emotional equoatient to level understanding of accounting84terms of gender perspective. Emotionql Quationet have five group, self-knowledge, Self-Control, Motivation, Empathy, and social skills.The study use different sample from two university, the first from Bakrie University and second from University of Indonesia. The sample this study have 92 responded from two university. This studyu use method simple regression linier, independent simple t-test, and diversity test for different test.Based on the hypothesis test this study showing the result that not any influence emotional quotient to level of understanding of accounting in term. But in different test the result showing different between Bakrie University and University of Indonesia about the influence of emotional quotient, and other result showing not any different between men and women at each university about the influence of emotional quotient.

Keywords: Emotional Quotient, level of understanding accounting term, self-knowledge, self-control, motivation, empathy, social skills.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.