ANALISIS PRESS RELEASE EXPRESS GROUP TENTANG PERAMPOKAN DI DALAM TAKSI PUTIH MELALUI PERSPEKTIF ANALISIS WACANA KRITIS DALAM MENGATASI KRISIS KEPERCAYAAN PUBLIK

Mirana Hanathasia

Abstract


Kasus perampokan di taksi putih di Jakarta di akhir 2014 ramai diberitakan di media massa. Masyarakat mengasosiasikan taksi putih dengan Express Taksi. Akibatnya pendapatan Express Taksi menurun. Melihat situasi ini, Express Group sebagai perusahaan yang menaungi Express Taksi tidak tinggal diam. Strategi respon dijalankan dengan mengeluarkan dua press release. Penelitian ini menganalisis press release yang telah dibuat oleh Express Group dari perspektif Analisis Wacana Kritis dari Norman Fairclough (AWK). Dalam melakukan AWK ada tiga dimensi yang diperhatikan yaitu teks, praktik wacana, dan praktis sosio-budaya. Dalam proses analisis, penulis menggunakan dua jenis data, yakni data primer berupa press release Express Group tentang perampokan di taksi putih, dan data sekunder yang terdiri dari wawancara dan literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teks press release mengkonstruksi perusahaan sebagai perusahaan yang tidak bersalah bahkan merupakan korban dari isu yang berkembang; sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dan berkomitmen untuk membantu kepolisian; sebagai perusahaan yang mengedepankan perhatian dan kepedulian terhadap konsumen.

Keywords


press release, analisis wacana kritis, krisis perusahaan, perampokan di taksi putih

References


Argenti, Paul A. 2009. Corporate Communication. New York: McGraw-Hill.

Aruman, Edhy. 2015. Review Buku Crisis, Issues and Reputation Management oleh Andrew Griffin hal. 62-64 di Jurnal Public Relations Indonesia vol. 2, No. 3, November 2015. Jakarta: Bidang Riset dan Kompetensi PERHUMAS Indonesia.

Bisniscom. Kasus Melinda Dee Tak Pengaruhi Citibank ,https://www.youtube.com/watch?v=aDHEdtLRw7U, Apr 15, 2011, diakses pada 13 Juli 2016.

Coombs, W. Timothy. 2007. Ongoing Crisis Communication: Planning, Managing, and Responding. California: Sage Publications, Inc.

Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta.

Fink, Steven. 1986. Crisis Management: Planning for the Inevitable. New York: Amacom.

Fink, Steven. 2013. Crisis Communication: The Definitive Guide to Managing the Message. United State of America: Mc Graw-Hill. Hamad, Ibnu. 2010. Komunikasi sebagai Wacana. Jakarta: La Tofi Enterprise.

Haryatmoko. 2017. Critical Discourse Analysis (Analisis Wacana Krisis): Landasan Teori, Metodologi dan Penerapan. Jakarta: Rajawali Pers.

Howard, Carole M. & Mathews, Wilma K. 2013. On Deadline: Managing Media Relations. USA: Waveland Press, Inc. https://www.youtube.com/watch?v=OnrhIuH8-jA, Tylenol Recall - from WFTV, Orlando, FL – 1982, diakses pada 13 Juli 2016

Ishwara, Luwi. 2011. Jurnalisme Dasar. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Kartikawangi, Dorien. 2015. Konvergensi Simbolis Dalam Manajemen Strategis Komunikasi Terintegrasi 2.0. hal. 17-27 di Jurnal Public Relations Indonesia vol. 2, No. 3, November 2015. Jakarta: Bidang Riset dan Kompetensi PERHUMAS Indonesia.

Kompas.com. 2014. Perampokan Taksi Putih. Diakses, 20 Mei 2015 dari www.kompas.com

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

McQuail, Denis. 2000. McQuail’s Mass Communication Theory. Oxford: Sage Pulication.

Nova, Firsan. 2009. Crisis Public Relations: Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: PT Grasindo.

Putri, Dianingtyas Murtanti. 2013. Peran Media Online Dalam Pembangunan Provinsi Banten dalam Journal Communication Spectrum: Capturing New Perspectives in Communication hal. 31-46, vol. 3 No.1 Februari-Juli 2013. Jakarta: commdePT

Ruff, Peter & Azis, Khalid. 2003. Managing Communications in Crisis. England: Gower Publishing Limited. Wilcox, Dennis L, Cameron, GlenT., Reber, Bryaan H. 2015. Public Relations: Strategies and Tactics. England: Pearson.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.


Indexed by:

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/sinta-333_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/doaj_120_02 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/base_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/smalllogo_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/ebsco_120http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/crossref_120. http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/googlescholar_logo_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/wcd_120http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/garuda1_120_01 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/neliti-blue_02_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/wroad_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/news-217_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/scilit_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/onesearch_1_160 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/mas_176

Archived in:

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/imperial_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/aut_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/leiden_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/t_lib_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/bu-lib_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/m_libraries_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/565_2_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/harvard_lib_120

Listed in:

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/bambang/iamcr_120

INTERNATIONAL ASSOCIATION FOR MEDIA AND COMMUNICATION RESEARCH