IMPLEMENTASI INTEGRATED CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY COMMUNICATIONS DI KEBUN RAYA BALI (Studi Kasus Program Pendidikan Lingkungan Hidup di Kebun Raya Bali)

Muntadliroh Muntadliroh

Abstract


Inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) sudah seharusnya menjadi tanggung jawab bersama baik perusahaan swasta, BUMN, maupun instansi pemerintah yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Langkah penting yang menentukan keberhasilan program CSR adalah ketepatan pemilihan strategi komunikasi. Kebun Raya “Eka Karya” Bali sebagai instansi pemerintah yang menjalankan inisiatif CSR program pendidikan lingkungan hidup bagi sekolah-sekolah di Provinsi Bali menggunakan strategi Integrated Corporate Social Responsibility Communications dengan mengintegrasikan tujuan Corporate Public Relations (CPR) dan Marketing Public Relations (MPR). CSR program pendidikan lingkungan hidup Kebun Raya “Eka Karya” Bali ini dikomunikasikan sesuai konsep bauran komunikasi pemasaran Philip Kotler yang terdiri dari: iklan, promosi penjualan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Fenomena ini diteliti menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif yang menekankan pada keunikan kasus, mengingat di Indonesia masih sedikit instansi pemerintah yang merintis inisiatif CSR menggunakan strategi Integrated CSR Communications. Efektifitas strategi Integrated CSR Communications di Kebun Raya “Eka Karya” Bali dapat dilihat dari opini stakeholder yang terbangun untuk menjadikan Kebun Raya “Eka Karya” Bali sebagai poros pendidikan lingkungan hidup di wilayah Bali, dan terbentuknya komitmen publik untuk melakukan kunjungan berkelanjutan ke Kebun Raya “Eka Karya” Bali.

Keywords


integrated corporate social responsibility communications, program pendidikan lingkungan, Kebun Raya “Eka Karya” Bali

References


Adhari, Ade. 2015. Tinjauan Yuridis: Kebijakan Pemberlakuan Tanggung Jawab Corporate Social Responsibility (CSR). https://www.linkedin.com/pulse/what-kind-future-work-we-educating-our-kids-jeff-selingo, diakses tanggal 14 Februari 2016.

Alifahmi, Hifni. 2015. Integrating Corporate and Marketing Communications: Delapan Model Kolaborasi Branding, Public Relations, Iklan, dan Promosi. Jurnal Public Relations Indonesia Vol. 2, No. 3. Jakarta: Bidang Riset dan Kompetensi PERHUMAS Indonesia.

Aruman, Edhy. Ini Societal Marketing, Bukan CSR. http://mix.co.id/headline/ini-societal-marketing-bukan-csr/, diakses 28 November 2015.

Carroll, Archie.B. 1999. Corporate Social Responsibility: Evolution of a definitional Construct. Business & Society. Vol. 38(3). September 1999. Page: 268-295.

Informasi Mengenai Adiwiyata. http://www.menlh.go.id/informasi-mengenai-adiwiyata/ diunduh pada tanggal 19 Februari 2016.

Inilah Konsep Experiental Marketing. http://www.marketing.co.id/inilah-konsep-experiential-marketing/, diakses tanggal 21 Februari 2016.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Laporan Penyelenggaraan Workshop Peningkatan Kapasitas Pendidikan Lingkungan Di Kebun Raya “Eka Karya” Bali. 2015.

Modul Fasilitator Program Pendidikan Lingkungan dan Perkebunrayaan. 2015.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Muhadjir, Noeng. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasih.

Salim, Agus. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Shimp, Terence A, J Craig Andrews. 2012. Advertising Promotion and Other Aspects of Integrated Marketing Communications. USA: South Western Educational Publishing.

Surya, Rendra Trisyanto. 5 Januari 2015. Mengintegrasikan Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Strategi Pemasaran Perusahaan. http://www.kompasiana.com/rendratris/mengintegrasikan-corporate-social-responsibility-csr-dalam-strategi-pemasaran-perusahaan_551b73c0a333118e23b65eea, diakses 21 Januari 2016.

Susanti, Inda. 24 Juni 2013. Ini 27 Perusahaan Peraih CSR Award Koran Sindo 2013. http://ekbis.sindonews.com/read/753575/34/ini-27-perusahaan-peraih-csr-award-koran-sindo-2013-1372084074, diakses tanggal 14 Februari 2016.

McElhaney, Kellie. 2009. A Strategic Approach to Corporate Social Responsibility. Springer.

Stroh, Ursula. 2007. “The Conundrum of Public Relations Versus

Marketing: Clarifying The Differences in Term of Relationship Management.” Prism No. 5(1): http://praxis.massey.ac.nz/prism_online_journ.html.

Wasesa, Silih Agung. 28 September 2011. Corporate Social Responsibility, Dari Social Benefit Menuju Profit, http://www.marketing.co.id/corporate-social-responsibility-dari-social-benefit-menuju-profit/, diakses 28 November 2015.

Yin, Robert K. 2008. Studi Kasus (Desain Dan Metode), (Case Study Research Design and Methods) diterjemahkan oleh Drs. M. Djauzi Mudzakir, MA. Jakarta: PTRaja Grafindo Persada.

Zoel. 2 Januari 2012. Integrated Marketing Communications. http://www.marketing.co.id/integrated-marketing-communications-imc/, diakses tanggal 3 Februari 2016.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed and Abstracted by:

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/googlescholar_logo_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/sinta_01_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/garuda1_120