Analisis Strategi Iklan di Media Sosial Untuk Meningkatkan Efektifitas Penjualan (Studi Kasus: PT Wieda Sejahtera)

Abdul Wahab, Imbang Jaya Mangkuto

Abstract


Komponen penting dari pemasaran adalah media sosial. Media sosial adalah sarana bagi konsumen untuk berbagi informasi teks, gambar, audio, dan video satu sama lain dan dengan perusahaan, dan sebaliknya. Media sosial memungkinkan pemasar untuk membentuk suara publik dan kehadiran online. Mereka dapat secara efektif memperkuat kegiatan komunikasi lainnya. Karena kedekatan sehari-hari mereka, mereka juga dapat mendorong perusahaan untuk tetap inovatif dan relevan. Pemasar dapat membangun atau memanfaatkan komunitas online, mengundang partisipasi dari konsumen dan menciptakan aset pemasaran jangka panjang dalam proses tersebut. Studi Kasus ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi iklan di media sosial yang ada di PT WS. Jenis Studi Kasus yang digunakan adalah deskriptif dimana jenis studi kasus ini bersifat pemaparan dan bertujuan untuk memperoleh gambaran (deskripsi) lengkap tentang permasalahan yang ada di PT WS. Hasil yang diperoleh adalah  penerapan strategi iklan di media sosial di PT WS. Saat ini perusahaan harus fokus dalam  meningkatkan efektifitas penjualan dengan tujuan iklan dimedia sosial dapat berjalan dengan lancar dan diharapkan tidak ada hambatan.

Keywords


Advertising Strategy, Social Media, Advertising on Social Media, Sales Effectiveness, Social Media Advertising Strategy at PT WS.

References


Abdullah, M. M., & Tantri, S. M. (2018). Manajemen Pemasaran. Jawa Barat: PT Raja Grafindo Persada.

Abdullah, S. M. (2017). Manajemen Komunikasi Periklanan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Apriyanti. (2014). PENGARUH STRATEGI PROMOTION MIX DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN SECARA ONLINE DIKALANGAN REMAJA KOTA MADIUN. Ekomaks, 3.

Arafat, R. (2013). Pengaruh Dimensi Sales Skill Terhadap Kinerja Penjualan. Management Analysis Journal, 111-112.

Ayu Putri, N. (2016). DESAIN STRATEGI PEMASARAN ONLINE PADA FULLUS FASHION MELALUI EVALUASI BENCHMARKING. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 121.

Ayu, N. P. (2016). Desain Strategi Pemasaran Online Pada Fullus Fashion Melalui Evaluasi Benchmarking. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis.

Bleier, A., & Eisenbeiss, M. (2015). Personalized Online Advertising Effectiveness: The Interplay of What, When, and Where. Marketing Science.

Boateng, H. F. (2015). Consumers' Attitude towards social media advertising and their behavioural response. Journal of Research in Interactive Marketing, 301-302.

Colliander, J., & Dahlen, M. (2011, March). Following the Fashionable Friend: The Power of Social Media Weighing Publicity Effectivenessof Blogs versus Online Magazines. Journal of Advertising Research.

Dr. Jr. Raco, M. M. (2010). Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Kamal, s., Chuan Chu, S., & Pedram, M. (2013). Materialism, Attitudes, and Social Media Ussage and Their impact on Purchase Intention of Luxury Fashion Goods Among American and Arab Young Generations. Journal of Interactive Advertising.

Koshy Abraham., S. R. (2010). Determinants of B2B Salespersons' performance and effectiveness: a review and synthesis of literature. Journal of Business& Industrial Marketing, 536-537.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Edinburgh Gate: Pearson Education, Inc.

Mirandani, K. R., & Eka Fitria, S. S. (2019, Agustus). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Strategi Komunikasi Pemasaran (STUDI PADA TOKO PAKAIAN BATIK DI PASAR MAYESTIK). e-Proceeding Management, 6. Retrieved Maret 12, 2020

Mutia, A., & Elysa Lubis M.Si., E. (2015, Oktober). Strategi Komunikasi Pemasaran Dian Pelangi Cabang Pekanbaru Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2, 3-4. Retrieved Maret 13, 2020

Nurfebiaraning, S. (2017). Manajemen Periklanan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Piercy, N. F. (2011). Country differences concerning sales organization and salesperson antecedents of. Journal of World Business, 105.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Jibeka, 11.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Walgito, B. (2010). Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Andi Offset.

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & sunarti. (2015, Desember). Analisis Strategi pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Jurnal Administrasi Bisnis, 29. Retrieved Maret 10, 2020, from administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/neliti-blue_02_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/googlescholar_logo_120 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/garuda1_120_01 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/ios_perpus02_146 http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/crossref-logo21_158

 

Editorial Office :

Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI)

http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/logo_ub_-_dasar_terang_120

Jl. HR Rasuna Said Kav. C-22, Rasuna Epicentrum, Kuningan. Jakarta Selatan 12920. email : [email protected]


http://journal.bakrie.ac.id/public/site/images/admin/5ajamrit_t_01

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.