Pelatihan Produksi Dodol Nangka Di Desa Tritis Yogyakarta

Laras Cempaka, Nurul Asiah

Abstract


Desa Tritis, Purwobinangun, Pakem, Sleman merupakan salah satu desa di kota Yogyakarta yang memiliki tingkat perekonomian menengah kebawah. Desa tersebut memiliki potensi hasil kebun berupa buah nangka yang cukup melimpah, namun dengan harga jual yang sangat murah. Dodol nangka merupakan salah satu produk pangan olahan yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan nilai ekonomis buah nangka. Pada program pengabdian masyarakat kali ini, masyarakat diberi pelatihan pengembangan produk dodol nangka yang diberi inovasi dengan penambahan kacang sebagai isian dan dengan membuat desain kemasan yang berbeda dengan produk dodol yang umum beredar dipasaran. Adanya pelatihan olahan pangan berbasis nangka dan inovasi pengembangan produknya, diharapkan mampu memberdayakan potensi sumberdaya dan masyarakat Desa Tritis. Lebih jauh, produk ini diharapkan mampu menjadi salah satu produk pangan oleh oleh khas Yogyakarta, sehingga berdampak pada peningkatan perekonomian warga.

 


Keywords


dodol, nangka, olahan, pangan, pemberdayaan

References


Akbar AT, Pangestu E. 2017. Peran Kuliner Dalam Meningkatkan Citra Destinasi.Pariwisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 50(1).

Alkurni W, Zuliarni S. 2014. Analisis Proses Pengembangan Produk Baru Dalam Rangka Menghadapi Persaingan Bisnis (Kasus Pada MM. Cake & Bakery Pekanbaru). Jom FISIP. 1(2).

Anggriana A, Mahardi, Ristiadi. 2017. Karakteristik Buah Nangka (Artocarpus Heterophyllus Lamk) Siap Saji Yang Dipasarkan Di Kota Palu. e-J. Agrotekbis. 5(3).

Ansar, Nazzaruddin. 2018. Peningkatan Produktivitas dan Kualitas Dodol Nangka di Desa Suranadi Lombok Barat Nusa Tenggara Barat. Jurnal Panrita Abdi. 2(2).

Basito. 2009. Sifat Fisik, Kimia, Dan Organoleptik Pada Pembuatan Dodol Yang Disubstitusi Dengan Wortel (Daucus carota, Linn). Jurnal Teknologi Hasil Pertanian. 2(2).

Kelmaskosu D, Breemer R, Polnaya F. 2015. Pengaruh Konsentrasi Tepung Beras Ketan terhadap Mutu Dodol Pepaya. Agritekno. Jurnal Teknologi Pertanian. 4(1).

Hariyadi P. 2014. Pengembangan Industri Pangan Sebagai Strategi Diversifikasi Dan Peningkatan Daya Saing Produk Pangan 1 Disajikan Dalam Seminar Nasional Sains Dan Teknologi 2014 “Peranan Sains dan Teknologi yang Berwawasan Lingkungan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Umat Manusia”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi IJSR

LPkM - Kampus Universitas Bakrie, Jl. H.R Rasuna Said Kav C-22,Kuningan, Jakarta Selatan - 12920 Indonesia

Email : [email protected]