Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Indonesian Journal of Social Responsibility?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN INDONESIA JOURNAL OF SOCIAL RESPONSIBILITY JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM) UNIVERSITAS BAKRIE

 

PERSYARATAN UMUM

Naskah harus berupa tulisan asli mengenai hasil suatu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM),  yang menguraikan urgensi kegiatan PkM tersebut,  analisis kebijakan, dan ulasan (dalam bentuk review) dalam bahasa Indonesia dan/atau bahasa Inggris yang belum pernah dimuat di dalam jurnal ilmiah nasional maupun internasional. Naskah yang formatnya tidak sesuai dengan pedoman penulisan ini serta tidak mengikuti kaidah bahasa yang benar akan ditolak dan Editor tidak berkewajiban untuk mengembalikan naskah tersebut.

CAKUPAN.

Artikel yang dimuat meliputi hasil-hasil PkM dan analisis kebijakan yang bersifat aplikatif mencakup bidang manajemen, akuntansi, ilmu komunikasi, ilmu politik, hubungan internasional, kebijakan publik, teknik industri, teknologi pangan, teknik lingkungan, teknik sipil, teknik informatika, dan sistem informasi.

 

PENGIRIMAN

Penulis diminta mengirimkan naskah asli beserta dokumen (soft file) dari naskah asli tersebut yang harus disiapkan dengan program Microsoft Word. Soft file naskah dikirimkan kepada:

Redaksi Jurnal PKM Universitas Bakrie

Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) Universitas Bakrie

Jl. HR. Rasuna Said Kav. C-22 Kuningan Epicentrum

Jakarta Selatan, 12920. Tlp: 021-5261448

Email: [email protected]

 

FORMAT TULISAN.

Naskah diketik satu setengah spasi pada kertas HVS ukuran A4 dengan marjin 2 cm dan huruf bertipe Calibri berukuran 12 point. Setiap halaman diberi nomor secara berurutan. Hasil  PkM dan ulasan ditulis sebagai naskah berskematis dengan judul, latar belakang masalah, metode kegiatan PkM, pembahasan dan kesimpulan. Artikel ditulis antara 2.000 sampai dengan 5.000 kata (termasuk Gambar dan Tabel).

Naskah disusun dengan urutan sebagai berikut:

Judul: ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, judul artikel harus spesifik dan efektif (maksimal 12 kata).

Nama Lengkap Penulis: Nama penulis lengkap tanpa gelar, penulis untuk korespondensi dilengkapi nama institusi, alamat, dan e-mail. Nama lembaga/institusi disertai alamat lengkap dengan nomor kode pos dan telpon.

Abstrak: Dibuat dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, masing-masing tidak lebih dari dari 250 kata. Diwajibkan menguraikan tentang besarnya kontribusi kegiatan terhadap objek PkM.

Kata Kunci (keywords): Ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris terdiri atas tiga sampai lima kata yang diletakkan di bawah abstrak/abstract dan Kata kunci dituliskan menurut abjad.

Latar belakang: Berisi tentang kondisi/fakta yang terjadi pada masyarakat yang memperlihatkan adanya masalah penting yang harus disikapi dengan segera sehingga kegiatan PkM memiliki kontribusi yang signifikan ke arah kebaikan. Pada bagian ini wajib memberikan kejelasan dari tujuan dan sasaran kegiatan, ruang lingkup kegiatan, luaran kegiatan, dan jadwal serta jangka waktu pelaksanaan kegiatan.

Tinjauan Kebijakan dan Literatur: Berisi tentang kajian, pengertian konseptual, dan kebijakan atau undang-undang yang terkait dengan kegiatan PkM yang dilaksanakan.

Metode Kegiatan PkM: Berisi tentang metode atau cara yang diberikan kepada masyarakat dalam menangani permasalahannya, bahan atau materi kegiatan, alat, lokasi kegiatan, objek/kelompok masyarakat, dan tabel jadwal kegiatan,

Pembahasan: Disajikan dalam bentuk teks, tabel, maupun gambar. Pembahasan dimulai dengan Gambaran Umum tentang objek kegiatan PkM yang dilaksanakan, dapat berupa gambaran aspek geografis, ekonomi, sosial, budaya, kemajuan teknologi, ataupun sistem yang ada dalam masyarakat. Pembahasan menguraikan bagaimana kegiatan PkM dilaksanakan, dari mulai persiapan, saat pelaksanaan hingga selesai. Isi dari bagian ini juga meliputi bagaimana respon/tanggapan dari masyarakat, bagaimana proses PkM berlangsung, dan bagaimana perubahan sikap, mental, perilaku, ataupun sistem dan aplikasi yang terjadi setelah kegiatan PkM dilakukan. Pada bagian akhir, harus memperlihatkan adanya aspek perubahan signifikan ke arah yang lebih baik pada masyarakat, dengan memperlihatkan luaran/hasil/evaluasi yang disertai dengan bukti/dokumen/data pendukung sesuai dengan tujuan dan sasaran kegiatan PkM yang tertera pada Latar Belakang.

Kesimpulan: Memuat ringkasan berbagai hal mengenai kegiatan PkM ditinjau dari aspek makna dan manfaat dan kontribusi kepada masyarakat, serta rekomendasi untuk kegiatan PkM berikutnya.

Ucapan Terima kasih (bila diperlukan): Dapat digunakan untuk menyebutkan sumber dana PkM yang hasilnya dilaporkan pada jurnal ini dan memberikan penghargaan kepada institusi pemberi dana tersebut.

Daftar Pustaka: Daftar pustaka dapat berisi dari berbagai sumber, seperti Buku, Artikel ilmiah yang dikutip dari jurnal, Prosiding, Undang-undang, Kebijakan Pemerintah, Regulasi, ataupun dari sumber resmi lainnya. Gaya penulisan daftar pustaka mengikuti kaidah APA style. Cara penulisannya seperti contoh berikut ini:

Penulisan acuan dari buku:

Gray JS, Elliott M. 2009. Ecology of Marine Sediment. Oxford (GB): Oxford University Press.

Penulisan acuan dari jurnal:

Bell JD, Bartley DM, Lorenzen K, Loneragan NR. 2006. Restocking and Stock Enhancement of Coastal Fisheries: Potential, Problems and Progress. Fisheries Research. 80(1): 1–8.

Penulisan acuan dari prosiding:

McKenzie LJ, Yoshida RL. 2009. Seagrass-watch. In: Proceedings of a Workshop for Monitoring Seagrass Habitats in Indonesia. The Nature Conservancy, Coral Triangle Center, Sanur, Bali, 9th May 2009.

Penulisan acuan dari internet:

Savage E, Ramsay M, white J, Bread S, Lawson H, Hunjan R, Brown D. 2005. Mumps Outbreaks Across England and Wales in 2004: Observational Study. BMJ [internet]. [diunduh 2018 Des 28]; 330(7500): 1119-1120. Tersedia pada: http//bmj.bmjjournals.com/cgi/reprint/330/7500/1119.

Penulisan acuan dari kebijakan / UU:

Kementrian Lingkungan Hidup. 2004. Keputusan Mentri Negara Lingkungan Hidup Nomor 200 Tahun 2004. Jakarta: KLH.

Gambar dan Tabel: dicantumkan langsung pada pokok bahasan, tanpa dipisah. Diberikan nomor sesuai urutannya.

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 


Alamat Redaksi IJSR

LPkM - Kampus Universitas Bakrie, Jl. H.R Rasuna Said Kav C-22,Kuningan, Jakarta Selatan - 12920 Indonesia

Email : [email protected]